Senin, 25 Oktober 2010

Buka Tutup di Pelabuhan Merak

Oleh: Antara
MERAK: Petugas kepolisian menerapkan sistem buka tutup kendaraan truk angkutan barang yang hendak menyeberang menuju Bakauheni, Lampung, melalui Pelabuhan Penyeberangan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak AKP Idrus Madaris mengatakan penerapan sistem buka tutup dilakukan setelah kondisi kedatangan truk angkutan barang yang masuk dan parkir di Pelabuhan Merak untuk menunggu giliran masuk kapal sudah padat.

"Kami lakukan dan terapkan sistem buka tutup kendaraan truk yang masuk ke areal pelabuhan," katanya, hari ini.

Dia menjelaskan sistem buka tutup diberlakukan untuk mengantisipasi kemacetan dari Cilegon ke Salira yang lewat depan pintu pelabuhan atau sebaliknya.

Untuk melancarkan sistem buka tutup, ujar dia, pihak KSKP Merak berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan serta polisi lalu lintas yang berada di jalan Cikuasa Atas, Merak.

"Truk yang sudah tidak bisa ditampung di pelabuhan, untuk sementara di berhentikan di jalan raya Cikuasa. Dan, setelah ada kekosongan parkir di pelabuhan, maka truk angkutan yang tertahan di jalan Cikuasa diarahkan untuk masuk ke pelabuhan," ungkap dia.

Pantauan di lokasi, ratusan truk angkutan barang memadati kantong parkir di Pelabuhan Merak.

Sementara itu, petugas kepolisian yang bekerja sama dengan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Merak, melakukan pengaturan di dalam dan luar pelabuhan.

Kepadatan truk angkutan sudah terjadi lebih dari sepuluh hari. Penumpukan kendaraan itu terjadi dikarenakan ada perbaikan Dermaga I, sehingga tidak dapat difungsikan.

Pihak ASDP sendiri berjanji penumpukan truk akan bisa dikendalikan pada 24 Oktober. (hwi)

Source : web.bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar